Karya Ilmiah : Peluang Bisnis Toko Komputer

KARYA ILMIAH

PELUANG BISNIS TOKO KOMPUTER
 
 
ABSTRAK
Saat ini tekhnologi sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, karena manusia tidak bisa lepas dari yang namanya tekhnologi, contohnya adalah komputer. Perangkat yang berisi data,sistem,program,informasi,ini sekarang bukan lah hal yang baru lagi di kalangan masyarakat, kebanyakan masyarakat sudah familiar dengan yang namanya komputer karena komputer membantu dan meringankan pekerjaan. Dibidang usaha bisnis, banyak orang yang membuka usaha komputer seperti jual beli komputer, aksesoris komputer dan rental.
Di mana komputer saat ini adalah kebutuhan paling penting , dan manusia pasti akan membutuhkan komputer. Teknologi setiap waktu akan terus berkembang
sehingga komputer pun akan terus berkembang juga . Dari situlah saya mengajak
dan membuka wawasan kita untuk menangkap peluang bisnis yang prospek nya cukup menjajikan yaitu membuka bisnis toko komputer.

ISI
Sebelum masuk ke pokok pembahasan terlebih dulu saya akan menjelaskan sebenarnya apa itu peluang bisnis? Peluang bisnis adalah kesempatan yang pasti bisa did
apatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada dan dengan memanfaatkan
berbagai kesempatan baik itu peluang usaha apa saja, yang bisa sigap kita ambil.Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta, M.Suyanto, di dalam bukunya yang
berjudul Everyone Can Become a Successful Entrepreneur mengatakan bahwa pendidikan kita dapat dipakai sebagai senjata untuk memulai bisnis.
Pendidikan merupakan tindakan atau pengalaman yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan pikiran, karakter dan kemampuan fisik individu. Dari hal ini tentunya dapat kita jadikan momentum untuk berbisnis. Jika kita lihat, diwaktu yang akan datang, tentu komputer bukan lagi menjadi sebuah barang mewah dan hanya milik kalangan tertentu saja. Dengan banyaknya produsen komputer yang ada, maka masing-masing produsen tentunya akan berlomba untuk menampilkan produk yang paling unggul. Semakin banyak produk yang ada dipasaran, maka semakin tinggi pula tingkat konsumtif pelaku pasar. Jika pertumbuhan produk baru cukup tinggi, maka harga produk yang ada dipasaran juga akan semakin cepat menurun. Hal demikian jelas akan sangat menguntungkan para konsumen. Konsumen dapat memiliki banyak pilihan tipe, spesifikasi, dengan berbagai varian harga yang dapat disesuaikan dengan kantongnya. Kesempatan inilah yang akan kita manfaatkan untuk mendapatkan pasar. Dari buku Schwartz, D.J yang berjudul “Berpikir dan Berjiwa Besar”, yang dapat kita jadikan motivasi dalam memulai suatu usaha/bisnis : “Gunakanlah alat-alat ini dan berpikirlah secara kreatif :
1.      Percaya dan yakinlah bahwa usaha anda bisa dilaksanakan. Jika Anda percaya bahwa sesuatu bisa dilaksanakan, maka pikiran Anda akan menemukan cara-cara untuk melaksanakannya. Hapuslah kata “mustahil”, ”tak mungkin”, ”tak bisa”, ”tak perlu dicoba” dari khasanah pikiran dan bicara Anda.
2.      Janganlah tradisi lingkungan yang statis akan melumpuhkan pikiran Anda. Bersedialah menerima gagasan-gagasan baru.
3.      Setiap hari bertanyalah pada diri sendiri : “Bagaimana saya bisa melakukannya lebih baik?”, maka jawaban - jawaban yang positif dan praktis akan muncul.
Ketika pada akhirnya sebuah komputer menjadi kebutuhan setiap orang, dan bukan barang mewah lagi,dan dimiliki setiap kalangan maka pasar yang luas inilah yang akan kita geluti sebagai peluang usaha. Beberapa ide bisnis komputer menarik yang bisa kita coba tekuni yaitu:
1.       Aksesoris computer
Berkembangnya variasi bentuk aksesoris komputer seperti mouse, keyboard, speaker serta aksesoris lainnya yang beragam, diminati para konsumen untuk mempercantik tampilan komputer yang mereka miliki. Sehingga peluang usaha ini juga memiliki prospek yang cukup bagus dalam bisnis komputer.
2.       Servis komputer
Jasa servis komputer juga bisa menjadi salah satu peluang bisnis komputer yang diminati pasar. Tidak semua pengguna komputer mengerti betul komponen-komponen komputer yang mereka miliki.Sehingga ketika komputer mereka rusak pada waktu pemakaian, mereka tidak dapat memperbaikinya sendiri. Munculnya masalah tersebut dapat dijadikan sebagai satu peluang usaha baru yang dibutuhkan oleh para konsumen.
3.       Rental komputer
Saat ini belum semua orang memiliki komputer, kalaupun punya mereka tidaka akan ada waktu untuk mengetik teks yang begitu banyak contoh nya seperti skripsi, padahal di jaman sekarang ini tuntutan pekerjaan ataupun tugas dari sekolah serta kampus, sering mewajibkan penggunaan hasil ketik komputer.Nah, Kebutuhan inilah kita dapat diambil sebagai peluang untuk memperoleh keuntungan.
4.       Jual beli komputer
Usaha ini memiliki prospek pasar yang cukup luas, meningkatnya minat pasar akan kebutuhan komputer memberikan peluang besar untuk memperoleh keuntungan dari jual beli komputer. Peluang usaha jual beli komputer juga bisa dilengkapi dengan penjualan komputer second (bekas), atau pelayanan tukar tambah komputer lama dengan komputer yang baru.Sebenarnya masih banyak lagi peluang-peluang bisnis dengan komputer. Gagasan diatas hanya sebagian kecil contoh dari peluang bisnis komputer semoga dapat bermanfaat dan berguna kunci untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis adalah percaya diri, tidak mudah putus asa, berpikir kreatif , jujur dan jangan pernah takut mencoba.
REFERENSI
http://sijanggut.blogdetik.com
http://www.anneahira.com/bisnis-komputer.htm
http://bisnisukm.com/bisnis-komputer-yang-menjanjikan.html
M. Suyanto, 2011, Everyone Can Become a Successful Entrepreneur : Smart In Entrepreneur, Andi Yogyakarta.
Schwartz, D.J. , 1978,Berpikir dan Berjiwa besar : The Magic of Thinking Big, Cetakan Pertama,Gunung Jati Jakarta.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment